Kisah Nyata Kiprah Detektif Swasta di Indonesia

[ sumber : https://www.beritasatu.com/hiburan/ 620899/kisah-nyata-kiprah-detektif-swasta-di-indonesia ]

Jakarta, Beritasatu.com – Profesi private investigator atau detektif swasta tentunya tidak asing lagi bagi sebagian orang, karena sering membacanya dalam sebuah novel atau melihatnya dalam film. Profesi ini dinilai erat kaitannya dengan sosok pria yang misterius.

Saat ini, orang yang berprofesi sebagai detektif di Indonesia masih terdengar langka dan unik. Bahkan, sebagian orang beranggapan, detektif swasta hanya ada di film dan tidak ada di kehidupan nyata.

Namun, kondisi berbeda ditampilkan oleh detektif swasta yang mengusung nama Jubun. Kisah tersebut, dituangkannya dalam sebuah buku berjudul The Untold Story of Private Investigator.

Melalui buku tersebut, Jubun yang merupakan chief executive officer (CEO) Aman Sentosa Inventigation Agency (ASIA) menceritakan perjuangannya menjadi seorang detektif yang profesional, tentang suka duka, bahkan berbagai pengalaman dalam menangani berbagai kasus.

“Sejak belasan tahun lalu, saya menekuni profesi sebagai seorang detektif swasta. Kehidupan saya berjalan sebagaimana manusia biasa pada umumnya, bekerja sebagaimana biasanya, berhubungan dengan klien, mengatur anak buah di lapangan, dan lain sebagainya,” ujar Jubun dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, Rabu (15/4/2020).

Jubun menyatakan, kehidupan sosialnya juga berjalan dengan normal. “Layaknya sebagai seorang suami dan juga seorang ayah yang berbagi waktu untuk keluarga,” sambungnya.

Menurut Jubun, image yang melekat sebagai seorang detektif swasta kerap dikaitkan dengan rokok, alkohol dan kehidupan malam, dibantahnya dalam buku tersebut. “Itu semua tidak benar. Kegiatan sosial dan keagamaan seorang detektif swasta berjalan dengan baik. Saya sendiri sangat terbuka untuk kehidupan publik seperti memenuhi undangan berbagai komunitas,” tegasnya.

Sebagai manusia biasa, kata Jubun, seorang private investigator atau detektif swasta juga mengalami suka dan duka dalam menjalani profesinya. “Resiko tentu ada dan bahkan sangat riskan karena mengungkap kebenaran sesuai dengan fakta-fakta. Berbagai hal yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan juga sangat sering dialami,” bebernya.

Menurut Jubun, selama menekuni profesi detektif swasta, kebahagiaan terbesar yang dirasakannya adalah saat berhasil menemukan seorang anak yang telah hilang sekian tahun. “Saya berhasil mempertemukan kembali anak itu dengan orang tuanya,” tandasnya.

Jubun juga memberikan sejumlah tips dalam mencari seorang detektif swasta agar klien atau user tidak mudah tertipu dalam menggunakan jasa detektif swasta. “Pemiliknya harus jelas, dengan latar belakang yang jelas. Selain itu, identitas perusahaan dan kantornya jelas,” terangnya.

Selanjutnya, lanjut Jubun, selalu dengarkan penjelasan detektif swasta dalam mengambil kesimpulan dari masalah yang akan ditangani. “Apakah rasional, logis atau tidak masuk akal. Berangkat dari hal itu, klien atau user bisa langsung menilai kapabilitas dari detektif tersebut dalam menangani kasus,” pungkas Jubun.

[ Sumber: BeritaSatu.com ]

Share this:

Facebook Twitter Google Plus Pinterest

Artikel Terkait

× WA Chat